Tuesday, November 14, 2017

Laporan Observasi Perkembangan Anak Usia Dini

Nama : Nila Khoirunaili
NIM : 170153603082
Offering : C7
Jurusan/Prodi : KSDP / S1 PG PAUD
Mata Kuliah : Teknik Penulisan Karya Ilmiah

LAPORAN OBSERVASI
PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Nama Anak : Mikhayla Shanum Auliya
Umur : 2 Tahun 11 bulan
Kelompok : PAUD

PEMBIASAAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA
Ananda Mikha dalam aspek ini menunjukkan perkembangan yang bagus. Ananda mulai diajari dan dibiasakan berbicara menggunakan bahasa yang santun, bahasa krama inggil apabila berbicara dengan orang yang lebih tua. Sudah bisa mengaji dasar alif ba ta. Jika sudah mendengar suara adzan sering mengingatkan ibu, ayah, dan neneknya untuk segera sholat dan mengajaknya ke mushola, setiap tiba waktu sholat Maghrib dan Isya mengikuti sholat jamaah di mushola terdekat dari rumah. Mampu menirukan gerakan sholat, wudhu, suara adzan. Ananda Mikhayla juga sudah mulai hafal doa sehari-hari seperti doa sebelum belajar, sebelum makan, sebelum tidur, ketika naik kendaraan darat dan laut, mengucapkan salam, mencium tangan orangtua sebelum berangkat ke sekolah.

SOSIAL EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
Dalam aspek ini ananda Mikha menunjukkan perkembangan yang cukup memuaskan. Bisa dilihat dari masuk sekolah sudah tidak ditunggu orangtua atau neneknya, cepat beradaptasi dengan lingkungan baru di sekolah PAUD nya, mudah bergaul dengan teman sebaya, mampu melakukan beberapa kegiatan sendiri dan menyelesaikan tanpa bantuan, perilaku berempati dan berbagi sudah muncul, bahkan juga sering mengalah apabila ada temannya yang nakal.
Namun terkadang jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendaknya misalnya tidak mau dipaksa untuk makan dia akan menunjukkan emosi marahnya dengan diam dan menjiwit tubuh orang yang bertolak belakang dengan kehendaknya.

KEMAMPUAN DASAR
BERBAHASA
Perkembangan ananda Mikha dalam aspek ini bagus. Terutama dalam berbicara sehari-hari, bisa menirukan apa yang diucapkan orang-orang sekitarnya dengan gaya bicara yang sama, sudah bisa mengucapkan huruf yang termasuk sulit diucapkan oleh anak-anak seusianya yaitu huruf L dan R.
Meski dalam pengucapannya masih belum lancar ananda Mikha sudah berbicara dengan mengekspresikannya dengan jelas kepada orang yang diajak bicara, sehingga tutur katanya cukup mudah dipahami oleh lawan bicara.

KOGNITIF
Ananda Mikha cukup cepat mampu mengingat nama orang-orang disekitar khususnya keluarga besar dari Ayah (Ponorogo) dan Ibunya (Magetan). Mengenali warna-warna, memahami perbedaan rasa (manis, asin, asam, pahit), dapat membedakan antara laki-laki dan perempuan, senang bertanya tentang hal baru yang ditemuinya, bisa menghafal angka 1 sampai 10, memahami fungsi uang meski dia belum mengerti berapa nominalnya.

FISIK/ MOTORIK
Dalam aspek ini ananda menunjukkan perkembangan yang baik. Cenderung hyperactive. Mampu melakukan gerakan motorik kasar seimbang.  Keterampilan motorik halus berkembang dengan baik, koordinasi antara mata dengan gerakan tubuh cukup terjaga, mampu menirukan menulis huruf dan menggambar pola dasar. Ananda Mikha masih kesulitan dalam hal menulis kalimat, menggunting dan melipat meski begitu dia semangat jika diajarkan menggunting dan melipat walaupun hasilnya tidak memuaskan. Karena memang di sekolah PAUDnya untuk hal menulis dan menggambar masih tahap pengenalan bagi anak didik.

SENI
Ananda mampu menyanyikan banyak lagu anak-anak, nasional, dan islami. Apabila ada lagu baru yang terdengar enak dan dia suka ananda Mikha sangat penasaran bagaimana bisa menghafal sekaligus menyanyikannya dengan cara meminta diajari oleh orang terdekat seperti ibunya contohnya lagu Indonesia Raya. Mampu menirukan gerakan senam dan tari di sekolah.

0 comments:

Post a Comment

 

Pendidikan Anak Usia Dini Template by Ipietoon Cute Blog Design