RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN
KANAK KANAK
Semester/Bulan/Minggu
|
:
|
II / Februari / 3
|
Hari /tgl
|
:
|
Selasa, 11 Februari 2020
|
Kelompok
|
:
|
B
|
Tema/sub tema/sub-sub tema
|
:
|
Pekerjaan / Macam-mcam Pekerjaan / Tukang kayu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
120 Menit
|
KD
|
:
|
1.2 – 2.2 – 2.8 – 2.9 – 3.3 – 3.6 – 3.9 –3.11– 3.15 – 4.3 – 4.5 – 4.8 – 4.15
|
A.
INDIKATOR
1.
NAM : Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.
SOSEM : Melakukan kegiatan bergilir mengukur mebelair
3.
KOGNITIF
: Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4.
BAHASA
: Berkomunikasi secara lisan tentang
macam-macam alat pertukangan
5.
FISMOT
: Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam mengukur benda mebelair kayu
6.
SENI
: Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan disediakan flash card, anak tepat mengkategorikan (A5) empat macam
alat pertukangan (Nam)
2.
Dengan disediakan alat dan bahan,
anak terampil mengikuti (A3) cara mengukur 4 benda kayu
(sosem)
3.
Dengan
disediakan alat dan bahan, anak
tepat menelaah (C4) pengetahuan atau pengalaman dalam membuat
karya “Kolase Kayu serbuk gergaji”
(kognitif)
4.
Dengan
menunjukkan hasil karya “Kolase Kayu serbuk gergaji”,
anak tepat menyatakan pendapat (A3) tentang
4 hasil karya tukang kayu (bahasa)
5.
Dengan
disediakan alat dan bahan, anak
terampil menggunakan (P5)
tangan kanan
dan kiri untuk mengukur panjang mebelair (Fisik Motorik)
6.
Dengan
disediakan alat dan bahan, anak
terampil menciptakan (P5) karya
Seni “Kolase Kayu serbuk gergaji”
(Seni)
C.
MATERI
KEGIATAN
1.
Fungsi
Pekerjaan
2.
Tukang Kayu
3.
Alat pertukangan
4.
Pengukuran benda kayu
D. MATERI YANG MASUK DALAM SOP
1.
Doa
Sebelum Belajar
2.
Doa
Sesudah Belajar
3.
Doa
Sebelum Makan
4.
Doa
Sesudah Makan
5.
Ucapan
Syukur
6.
Ucapan
Salam
E.
ALAT
DAN BAHAN
1.
Kartu gambar (flash card) alat pertukangan dan gambar lain
2.
Serbuk gergaji
3.
Gambar mebelair (meja, kursi, lemari, pintu, dll)
4.
Lem
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Tanya
Jawab
2.
Kelompok kecil
3.
Demonstrasi
4.
Bercerita
G.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal
(± 30 menit)
a.
Anak
berbaris di depan kelas
b.
Anak
masuk kelas dan duduk melingkar
c.
Anak mengucapkan salam
d.
Guru menjawab salam
e.
Anak
dan guru berdoa sebelum belajar
f.
Guru
melakukan presensi anak
g.
Guru
menanyakan kabar anak hari ini
h.
Guru
dan anak menyanyikan lagu “Tukang Kayu”
i.
Guru
dan anak tanya jawab tentang macam-macam
pekerjaan
j.
Guru
menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari ini
k.
Guru
dan anak membuat kesepakatan aturan bermain
2.
Kegiatan Inti (± 60 menit)
a.
Guru
mengajak anak berkelompok kecil untuk
bermain “flash card” dengan mengelompokkan alat pertukangan
(mengamati)
b.
Guru
menstimulasi anak untuk bertanya tentang fungsi alat pertukangan dari hasil permainan “flash card” (menanya)
c.
Guru
meminta anak untuk mempraktikan cara mengukur
meja dengan tangan kanan dan kiri (menalar)
d.
Guru meminta anak untuk memilih gambar mebelair yang disukai untuk
dijadikan kolase. (mengamati)
e.
Guru
mengajak anak untuk membuat karya seni “kolase
dari serbuk kayu” (mengumpulkan informasi)
f.
Anak
menunjukkan dan menceritakan hasil
karyanya membuat “Kolase dari
serbuk kayu” (mengkomunikasikan)
RECALLING
: Guru bersama anak mereview kembali materi pelajaran yang telah dipelajari
hari ini
3.
Istirahat (± 15 menit)
a.
Anak
mencuci tangan
b.
Anak
membaca doa sebelum makan
c.
Anak
makan bekal
d.
Anak
membaca doa setelah makan
e.
Anak
bermain bebas
4.
Kegiatan
Akhir (± 15 menit)
a.
Guru
menanyakan perasaan anak tentang kegiatan pembelajaran hari ini
b.
Guru
menyampaikan pesan moral dari kegiatan hari ini
c.
Guru
menyampaikan tema yang akan dipelajari esok hari
d.
Anak
berdoa sebelum pulang
e.
Anak
mengucapkan salam
f.
Guru
menjawab salam
0 comments:
Post a Comment